11 Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Musti Di Kunjungi

Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Populer

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Disini banyak sekali tempat wisata yang harus kalian datangi seperti wisata religi, alam, budaya hingga sejarah dan terdapat keunikan keunikan tersendiri didalamnya.

Kota Banyuwangi ini memiliki keindahan alam yang indah, bahkan saking indahnya,wisata di kota Banyuwangi ini banyak diminati oleh para wisatawan local maupun luar kota tak sedikit juga di liput media mainstream baik elektronik, cetak dan media sosial  berdatangan untuk menikmati keindahan wisata ini.

 11  Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Keren Banget

Tempat Wisata Di Banyuwangi
Tempat Wisata Di Banyuwangi

bagi orang yang belum paham tentang wisata Banyuwangi ini mungkin mereka mengira tidak ada yang menarik di kota ini, maka dari itu,untuk mengenalkan kota Banyuwangi ini dan mempermudah traveler mencari wisata yang indah di sini,

Kami akan mengulas tentang wisata wisata yang ada di Banyuwangi ini. ayo simak di bawah ini.

Taman Blambangan

Taman Blambangan
by Agus Setyawan

Tempat wisata pertama adalah tempat yang sangat cocok untuk tempat nongkrong berkumpul atau bercanda taw aria bersama keluarga, sahabat atau kerabat dekat yaitu taman blambangan atau bisa juga disebut dengan alun-alun.

Sebelumnya taman ini dinamakan Lapangan Tegaloji dikarenakan disekelilingnya terdapat bangunan-bangunan yang diperuntukkan untuk warga kolonial Belanda. Taman ini berbentuk lapangan luas berumput yang di tepinya terdapat area untuk lari kecil,

di bagian barat lapangan terdapat Gelanggang Seni dan Budaya yang ditandai dengan sebua bangunan seperti candi. Area ini dilengkapi dengan lapangan `bola basket,arena skateboard dan area kuliner.

Biasanya taman blambangan ini digunakan untuk upacara atau acara seperti konser music dan kampanye dll, selain itu setiap hari minggu di area ini diadakan car free day. Lokasinya berada di Jl. Diponegoro No.2,Kepatihan Kabupaten Banyuwangi.

Marina Boom Beach

Marina Boom Beach
by Marina Boom Beach

Tempat wisata selanjutnya adalah Pantai Boom. Pantai ini menjadi salah satu tujuan untuk berkumpul bagi muda mudi di Banyuwangi. Selain itu, biasanya pada hari minggu pagi pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Pantai ini merupakan destinasi keindahan alam yang sangat mempesona dan sangat menyegarkan mata. Jika anda sangat menyukai rasa sejuk, rileks, aman, nyaman, dan tentram, atau ingin melipir dari hiruk pikuk masalah atau yang lainnya tempat ini sangat cocok untuk kamu.

Sangat disayangkan jika anda berada di Kota Banyuwangi ini tapi tidak mengunjungi tempat wisata ini  yang mempunyai keindahan yang tiada duanya. Lokasinya terdapat di Desa, Kampungmandar, Kabupaten Banyuwangi. Jam operasionalnya hari Senin-jumat  jam 05.00-21.00. Sabtu dan minggu jam 04.30-22.00.

Kawah Ijen

kawah ijen
by Naufal Rozin

Wisata yang selanjutnya adalah wisata alam yaitu Gunung ijen. Wisata ini merupakan wisata yang terdapat sejuta pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan yang membuat para wisatawan berdatangan untuk mengunjungi wisata ini.

Gunung Ijen ini merupakan sebuah gunung berapi yang memiliki ketinggian 2.386 mdpl dan terletak berdampingan Gunung Marapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. T

empat wisata ini memiliki fenomena yang menakjubkan yaitu blue fire di dalam kawah yang terletak di puncaknya. Lokasinya berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Pantai Cacalan

Pantai Cacalan
by sigit pambudi

Tempat wisata yang keempat adalah pantai. Selain tempat wisata di atas di kota ini juga ada pantai cacalan. Seperti yang kita tau pantai merupakan destinasi keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Jika anda sangat menyukai rasa sejuk, rileks, aman, nyaman, dan tentram, atau ingin melipir dari hiruk masalah atau yang lain. Sangat disayangkan jika anda ke kota Banyuwangi ini tetapi tidak ke tempat wisata ini.  Lokasinya berada di Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kabupaten Banyuwangi.

Tempat Wisata Desa Osing Banyuwangi

desa wisata osing
by Nadhila Fildzah

Tempat wisata selanjutnya adalah desa wisata osing. Biasanya penduduk di desa ini merupakan kelompok masyarakat yang memiliki adat istiadat dan budaya khas sebagai satu suku, yang dikenal sebagai suku Osing. Pemerintah menetapkannya, sebagai daerah cagar budaya dan mengembangkannya sebagai desa wisata suku osing.

Masyarakat osing ini memiliki tradisi khas yang dijalankan secara turun temurun yang secara keseluruhan masih asli, salah satunya dalam hal bercocok tanam dan masih banyak yang lainnya.

Di tempat wisata ini dibangun fasilitas seperti kolam renang, tempat bermain, dan ada juga bangunan rumah khas masyarakat osing serta bangunan museum modern. Harga tiketnya juga terjangkau Rp 5.000. Lokasinya berada di Dusun, Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Pemandian Taman Suruh

Pemandian Taman Suruh
by Virgananta Bintang Sandi Putra

Pemandian Taman Suruh ini merupakan pemandian air panas yang sangat beda dari biasanya. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kalian yang ingin berkumpul, mengobrol, berenang atau bermain air bersama keluarga, sahabat, atau kerabat dekat kalian.

Taman Suruh ini memilki lokasi yang sangat indah dan memiliki pesona yang tiada duanya. Selain itu taman suruh ini juga memiliki nilai tambah tersendiri yatu di samping lokasinya masuk dataran tinggi, bebatuan, hawanya sejuk dan asri.

Terdapat beberapa wahana yaitu dengan dua kolam pemandian bagi orang dewasa dan anak-anak serta ada juga tempat bermain anak-anak. Air di pemandian ini cukup segar dan dipercaya bisa mengobati segala macam penyakit bila mandi di pemandian taman suruh ini.

Selain wahana disini juga terdapat beberapa fasilitas yang memadai seperti area parkir, mushola, kamar mandi, rumah makan, dan masih banyak yang lainnya. Jam operasional setiap hari kecuali minggu jam 07.00-16.00 hari minggu jam 07.00-16.30. Lokasinya berada di Jl. Perkebunan Kalibendo, Taman Suruh, Kabupaten Banyuwangi.

Air Terjun Coklak

Air Terjun Coklak
by Rozi Aewest

Seperti tempat wisata yang sebelumnya di wisata ini juga terdapat keunikannya tersendiri yaitu air terjun coklak tapi para wisatawan lokal ataupun luar kota yang berkunjung ke wisata ini  sering menyebutnya dengan air terjun pelangi coklak.

kenapa di sebut air terjun pelangi coklak karna air terjun ini memiliki beberapa warna air yang sangat unik dan cantik dan memiliki tebing-tebing yang indah. Dan sangat cocok untuk spot foto bagi anda yang sangat suka berfoto.

Anda bisa berenang, bermain air atau hanya duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan sekitar. Lokasinya berada di Desa Tegalharjo, Kec. Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Tempat Wisata Bangsring Underwater Banyuwangi

Bangsring Underwater
by Widya Pamungkas

Bangsring Underwater ini memiliki keunikannya yaitu bangsring underwater ini atau biasa disingkat dengan bunder merupakan obejk wisata alam berbasis konservasi terumbu karang. Ada terumbu karang yang alami, ada juga yang buatan.

Tempat wisata di banyuwangi ini tercipta sebagai buah hasil kerja keras para nelayan desa setempat karna perjuangan keras mereka mereka menyelamatkan laut dan isinya dari kepunahan.

Salah satu daya tarik utama yang membuat para wisatawan berdatang mengunjungi wisata ini mungkin dengan adanya rumah apung di tengah pantai. Kalian bisa melakukan berbagai aktivitas sesuka kalian di rumah apung ini.

Terdapat beberapa fasilitas disini seperti gazebo, penyedian alat snorkeling, kamera underwater, hingga waterproof untuk mengabadikan ikan-ikan yang terdapat di bawah laut jika kalian ingin melakukan aktivitas berenang atau semacamnya.

Ada juga penyewaan perahu kalian bisa mengelilingi wisata ini menggunakan perahu ini. Jam operasionalnya setiap hari jam 07.00-18.00. Lokasinya berada di Jl. Situbondo, Banyuwangi, Bangsring, Kabupaten Banyuwangi.

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo
by BALAI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

Tempat wisata yang ke Sembilan adalah taman nasional alas purwo. destinasi wisata ini sangat cocok untuk tempat nongkrong berkumpul atau bercanda tawa ria bersama keluarga,sahabat atau kerabat dekat.

Biasanya para pengunjung melakukan aktivitas seperti berolahraga, bersepeda, bermain, atau jalan-jalan dan lain lain. Selain itu disini juga terdapat keindahan alam yang sangat mempesona.

Dan ada juga beberapa spot foto yang menarik. Buka hari senin – jumat jam 07.30 – 16.00 sabtu minggu libur. Lokasinya berada di Jl. Brawijaya No. 20 Kebalenan Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah
by Yuniar Setiawan

Tempat wisata ini merupakan wisata pantai yang berbeda dari biasanya dan tentunya terdapat keunikan tersendiri didalamnya yaitu Pantai Pulau Merah. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai.

Selain itu disini juga terdapat cerita bersejarah tentang bukit merah ini yang pasti jika kalian penasaran datanglah untuk mengunjungi wisata ini dan kalian akan langsung mengetahui cerita bersejarah dibalik bukit merah ini.

Seperti yang kalian ketahui tentang keindahan dan hawa sejuknya angin yang berdesir, hamparan pasir, air yang bergelombang dan langitnya biru muda  dari wisata yang bernama pantai. Terdapat beberapa wisata pantai disini seperti selancar,

jika kalian ingin berteduh dari teriknya matahari kalian juga bisa berteduh di tempat duduk berpayung di tepian pantai, dan masih banyak yang lainnya. Lokasinya berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Tempat Wisata Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Taman Nasional Baluran
by Ivan Bangkit

Nama dari Taman Nasional Baluran ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini yaitu, Gunung Baluran. Di taman ini terdapat sekitar 444 jenis tumbuhan diantaranya merupakan tumbuhan asli yang khas dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering.

Selain tumbuhan disini juga ada 26 jenis mamalia seperti rusa, macan tutul, kancil, dan masih banyak yang lainnya. Terdapat 155 jenis burung yang termasuk burung langka.

Selain itu tentunya di tempat wisata alam yang ada di banyuwangi ini  terdapat keindahan yang menawan yang membuat mata kita menjadi lebih fresh karna keindahannya yang sangat asri dengan berbagai tumbuhan dan juga alami. Lokasinya berada di Area Hutan, Kec Banyuputih, Kabupaten Banyuwangi

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close